POIN NEWS – Proyek pembangunan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, diyakini dapat memberikan manfaat untuk para petani.

Tak hanya itu, bendungan terpanjang se-Asia Tenggara ini juga akan berpotensi menjadi kawasan pariwisata yang akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat.

“Jadi pembangunan Bendungan Semantok ini, dulu memang mulai diusulkan tahun 2012, dari 2012 terus kita dorong untuk bisa terwujud.”

“Karena memang masyarakat petani kita di sini membutuhkan (keberadaan bendungan),” kata Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Bendungan Semantok, di Nganjuk, Jatim, Kamis, 15 September 2022.

Menurut politisi PDI-Perjuangan ini, saat musim kemarau masyarakat kesulitan air, sehingga meminta kepada pemerintah daerah mendukung proyek pembangunan Bendungan Semantok tersebut.

“Dimana kalau musim kemarau mereka kesulitan air. Maka dari itu, waktu itu bapak Bupati, melalui saya juga untuk meminta agar didukung untuk pembangunan Bendungan Semantok ini. Pada akhirnya bisa terwujud,” tutupnya.

Hal senada disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Sri Rahayu. Ia menyatakan bendungan dan sumber airnya juga bermanfaat untuk petani.

“Alhamdulillah tadi disampaikan bahwa Bendungan Semantok adalah bendungan yang terpanjang se-Asia Tenggara.”

“Dan juga nantinya akan sebagai sumber air untuk pengairan sawah, juga sumber air baku. Sawah akan dialiri sekitar 1900 hektar, kurang lebih,” kata Sri Rahayu.

“Selain itu juga untuk pengairan sawah dan sumber air baku, juga akan digunakan untuk sarana olahraga, olahraga air, tentunya,” sambung legislator dapil Jawa Timur VI itu.

Ia pun mengatakan Komisi V DPR RI mendukung proyek pembangunan Bendungan Semantok agar menjadi sebuah kawasan wisata, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan.

“Selain itu, kami akan terus mendorong agar kawasan ini bisa menjadi Kawasan destinasi wisata, karena ini akan bisa mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar Bendungan Semantok ini.”

“Khususnya, dan pada umumnya tentunya seluruh masyarakat, pelaku usaha di Kabupaten Nganjuk,” pungkas Sri Rahayu.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Poinnews.com, semoga bermanfaat.