POIN NEWS – Menjelang 2024 partai partai politik mulai membangun komunikasi elite antar partai untuk penjajakan koalisi di 2024 nanti.

Yang terbaru adalah pertemuan antara Ketua Umum PKS, Ketua Umum Nasdem, Ketua Umum Partai Demokrat bersama gubernur DKI yang di gadang gadang menjadi capres 2024 Anies Baswedan.

Mesti belum secara resmi dideklarasikan Nasdem, PKS dan Demokrat memang santer dikabarkan akan melakukan koalisi pada 2024 nanti mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden 2024.

Meskipun belum jelas siapa calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan Anies.

Kandidat Cawapresnya Anies Baswedan diduga akan seru karena ketiga partai belum tentu saling setuju. Anies Baswedan sendiri memang bukanlah kader partai politik.

Sehingga untuk memenuhi persyaratan capres PT 20% Anies harus didukung oleh partai partai politik yang ada di parlemen sekarang yang memiliki gabungan 20% suara di parlemen.

Anies sendiri pekan lalu ketika diwawancara Reuters mengatakan siap untuk berlaga pada 2024 jika ada partai yang mengusungnya.

Dan jika PKS, Nasdem dan Demokrat berkoalisi maka Anies akan mendapat kan tiket untuk menjadi calon presiden karena gabungan suara ketiga partai tersebut di parlemen sudah melebihi 20%.

Tapi tentunya politik itu sendiri adalah suatu yang dinamis. Selama ketiga partai tersebut belum melakukan deklarasi secara resmi maka Anies sendiri belum aman untuk mendapatkan tiket menjadi capres 2024.

Apalagi sampai saat ini juga belum jelas siapa wakil presiden yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Santer terdengar bahwa SBY, Jusuf Kalla dan Surya Paloh yang merupakan para politisi senior telah melakukan komunikasi yang intensif.

Jika Koalisi tiga partai ini kemudian solid untuk mendukung Anies Baswedan bukan tidak mungkin Anies akan terpilih sebagai presiden RI 2024.

Opini: Achmad Nur HidayatPakar Kebijakan Public Narasi Institute.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Poinnews.com, semoga bermanfaat.